Sukaregang, Tempat Wisata Belanja Produk Kulit di Garut yang Terkenal ke Mancanegara

foto net

Sukaregang.

TIGA hal yang hampir pasti dilakukan saat bertandang ke Garut adalah menikmati sajian wisata-wisata alamnya yang memang indah, menginap di hotel dan penginapan yang banyak bertebaran, dan pulangnya tentu saja membawa oleh-oleh khas kabupaten ini, yaitu dodol garut atau burayot. Ketiga hal itu memang merupakan tujuan wisatawan datang berbondong-bondong ke kabupaten yang beribu kota di Tarogong Kidul ini.

Namun ternyata, Kabupaten Garut juga memiliki kekayaan dan potensi lain yang sangat banyak. Selain ketiga hal di atas, Garut pun dikenal memiliki dorokdok garut, domba garut, chocodot, batik tulis garutan, batu akik pancawarna, dan terakhir yang akan dibahas lebih jauh di sini adalah produk-produk dari kulit.

Sebagai daerah tempat asal domba garut yang legendaris, Garut juga menjadi sentra produksi berbagai barang yang memakai kulit domba dan hewan lainnya, seperti sapi. Pusat penjualan berbagai produk berbahan baku kulit ini terdapat di Sukaregang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Jangan malu bertanya

Anda yang sedang kebingungan mencari produk dari kulit yang murah namun berkualitas, disarankan untuk datang ke tempat ini. Dapat dipastikan Anda akan menemukan barang berbahan kulit yang diimpikan seperti jaket kulit, tas, dompet, ikat pinggang, dan sepatu.

Anda yang semula kesulitan mencari barang kulit asli, di Sukaregang justru akan kesulitan menentukan pilihan karena barieukeun alias bingung saking banyaknya barang yang bagus. Tidak mengherankan karena produk-produk kulit dari Sukaregang sudah sampai dan terkenal di mancanegara. Orang-orang Jepang dan Korea tercatat sudah banyak yang menggunakan produk kulit yang terdapat di Kecamatan Garut Kota ini.

Di sini pun Anda tak perlu khawatir mendapat barang aspal alias asli tapi palsu (baca: imitasi), karena toko-toko di Sukaregang sebagian besar menjajakan barang dari kulit asli, seperti kulit domba garut, kerbau, dan sapi. Meski demikian, bukan berarti tidak ada yang KW karena barang tiruan pun memang ada. Yang penting Anda banyak bertanya dan belajarlah lebih dahulu membedakan barang berbahan kulit atau bukan.

Jangan malu menawar

Dan yang lebih menyenangkan bagi para penggila belanja adalah, di sini tidak diharamkan untuk menawar! Walaupun harga yang ditawarkan para pedagang biasanya sudah murah dibandingkan harga yang ditawarkan di luar, namun ternyata Anda pun masih bisa mendapatkan harga yang lebih miring untuk satu produk berbahan kulit dengan kualitas jempolan. Contohnya jaket kulit yang di tempat lain dibanderol Rp 1 juta atau lebih, kalau pandai menawar Anda bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga Rp 750.000 atau mungkin bisa kurang.

Harga setiap barang memang bervariasi, tergantung ukuran, motif, dan warnanya. Yang pasti kalau datang ke Sukaregang, jangan malu-malu untuk menawar demi mendapatkan harga yang ekonomis. Bahkan kalau perlu, ajaklah kerabat atau kenalan yang piawai dalam hal tawar-menawar.

Rute ke Sukaregang, Garut

Anda yang berasal dari Jakarta atau Bandung bisa mencapai sentra penjualan produk kulit ini melalui Tol Purbaleunyi dan keluar dari pintu Tol Cileunyi. Perjalanan dilanjutkan melalui Nagreg, dan di jalan cagak mengambil jalur ke arah Garut. Sampai di Garut Kota, susuri Jalan Guntur Garut. Nah, Sukaregang berada sekitar perempatan Jl. Guntur dan Jl. Ahmad Yani Garut. Tempatnya mudah ditemui karena di mulut Jl. Gagak Lumayung Sukaregang terdapat gapura besar bertuliskan “Selamat Datang di Sentra Industri Kulit Sukaregang Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut”.

Sementara bagi Anda yang menggunakan angkutan umum bisa mencapai tempat ini dengan naik bus menuju Garut dan turun di Terminal Guntur Garut. Dari sini Anda bisa naik angkutan kota rute Terminal Guntur-Sukaregang dengan tarif sekitar Rp 2.000. Nah, tunggu apa lagi? Selamat berbelanja! (wisatajabar)

You may also like...

2 Responses

  1. BernardYtmbe says:

    I see your blog needs some fresh content.
    Writing manually is time consuming, but there is
    tool for this task. Just search for; Digitalpoilo’s tools

  2. 88Wilbert says:

    Hello admin ! I read your blog everyday and i must say you have
    very interesting posts here. Your page deserves to go
    viral. You need initial traffic only. How to go viral fast?
    Search for: forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »