Desa Tongging Bagian dari Pesona Danau Toba

Foto net

Desa Tongging.

DANAU Toba sangat dekat dengan 11 kabupaten dan kotamadya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang berada di sekitar Danau Toba.

Di antaranya Kabupaten Simalungun, Karo, Tobasa, Samosir, Tapanuli Utara dan lainnya. Danau Toba juga bisa dijangkau dengan mudah dari Kota Medan, Bandara Internasional Kualanamu lewat Kota Pematang Siantar dan Berastagi.

Di daerah Kabupaten Karo, Danau Toba bisa dinikmati di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo yang berbatasan dengan Kabupaten Simalungun. Menikmati liburan di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, memiliki daya tarik tersendiri.

Desa yang berlokasi di sebelah ujung utara Danau Toba ini, ternyata menyimpan beragam potensi wisata alam.

Panorama indah di kawasan sekitar Desa Tongging mayoritas dihuni empat suku Batak yakni Karo, Toba, Simalungun dan Pak-pak). Desa Tongging bagian dari pesona Danau Toba di Kabupaten Karo. Kini Danau Toba di Desa Tongging belum banyak diketahui wisatawan, khususnya turis domestik.

Desa yang berjarak sekitar 42 Km dari kota Berastagi tersebut, hanya dikenal dengan panorama kawasan Danau Tobanya. Namun sejak empat tahun belakangan sudah mulai dimasuki pecinta wisata Dirgantara (udara) dan Tirta (air).

Untuk menuju kawasan Tongging bukanlah merupakan hal yang sulit, khususnya bagi wisatawan lokal Sumatera Utara sekitarnya. Bila hendak pergi berlibur, wisatawan yang tidak memiliki kenderaan pribadi, dapat memilih beberapa angkutan AKDP di Terminal Pinang Baris atau kawasan Padang Bulan, Medan yang menuju Berastagi/Kabanjahe, dengan ongkos masih bisa terjangkau.

Tiba di Berastagi, menyambung angkot LIN Tongging di kawasan terminal. Apabila via Kabanjahe, wisatawan dapat memilih angkutan ke Tongging dari dua tempat. Satu di kawasan Kabanjahe Plaza dan di kawasan Zentrum.

Aksesbilitas Mudah

Untuk menuju Air Terjun Sipiso-piso dan Desa Tongging dari Brastagi, arahkan perjalanan ke Kota Parapat, Kabupaten Simalungun. Tak jauh setelah melewati Kota Kabanjahe, perhatikan jalan dengan teliti dan temukan tanda untuk menuju air terjun ini. Obyek wisata itu juga bisa ditempuh dari Kota Siantar.

Setelah berbelok ke kiri, ikuti jalan ini hingga menemukan pemandangan pesona Danau Toba. Di danau ini pengunjung bisa singgah sebelum meniti jajaran anak tangga yang melintasi lereng perbukitan di tepi Danau Toba.

Ini yang merupakan satu-satunya jalan aman bagi wisatawan.

Jika menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan bus dari terminal pusat kota Medan dengan trayek Kabanjahe. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Setelah sampai di Kabanjahe dilanjutkan 24 km ke arah utara jalur menuju Danau Toba hingga sampai di Desa Tongging. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit berkendara.

Umumnya, sebelum menuju desa yang saat ini banyak dipenuhi keramba ikan nila dan mas (ternak warga) sehingga sangat mengesankan.

Masuk kawasan Panorama Air Terjun dan Desa Tongging merupakan satu paket perjalanan. Jangan khawatir jika menempuh perjalanan dari luar kota karena di kawasan desa itu sudah banyak penginapan. Harga per malamnya juga cukup terjangkau.

“Fasilitas tidak jauh berbeda, hanya ukuran luasnya saja,” ujar Edi Sinaga, Reception Wisma Sibayak Tongging. Jika turis tidak berminat tinggal di kamar penginapan, pihak wisama juga menyediakan areal camping ground.

Bicara kuliner, wisatawan tidak perlu khawatir. Sejumlah rumah makan dengan sajian label halal, ada hadir di pinggir bibir pantai dengan sajian ikan mas dan nila panggang. Harga kulinernya juga sangat terjangkau.

Sedangkan pelaku wisata setempat, Dikson Pelawi mengatakan, sejumlah pelaku wisata Tanah Karo bertekad menjadikan kawasan Tongging sebagai lokasi bagi pecinta olah raga para layang. Hal itu menjadi target dikarenakan letak geografis Tongging yang dianggap cukup potensial.

Jika dijadikan lokasi pecinta Para Layang sangat bagus karena posisi take off penerbang yang terdiri dari tiga lokasi, 1540 DPL, 1300 DPL dan 1300 DPL, membuat penerjun lebih lama di udara dan disuguhi pemandangan indah kawasan perbukitan dan Danau Toba.

Fasilitas dan Akomodasi

Penginapan dapat ditemukan di Desa Tongging, Simalem Resort yang berada di puncak bukit Desa Tongging atau di Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Selain itu, bila ingin mencari kenang-kenangan atau suvenir berbagai penjaja suvenir khas Tanah Karo di kawasan wisata ini.

Di dalam resort agrowisata yang mewah dan sejuk ini, Anda dapat melihat pemandangan yang luar biasa indah Danau Toba. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang sudah bolak-balik kesana dan tak jarang yang berdecak kagum atas keindahan panoramanya.

Kita akan menginap dua malam disini untuk mendapatkan hasil foto sunset dan sunrise yang bervariasi dan maksimal. Selain itu kita akan jalan-jalan ke air terjun kembar dan menikmati alam perkebunan yang sangat indah. Suhu 20-25 derajat. Jangan lewatkan jalan-jalan ke Danau Toba Desa Tongging Karo!!. (metrosiantar.com)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »